Kalahkan Jabar, Jateng Rebut Emas Bulu Tangkis Beregu Putri


LensaMedan - Pebulu tangkis Sausan Dwi Ramadhani memastikan kemenangan Jawa Tengah (Jateng) atas Jawa Barat (Jabar) dalam pertandingan babak final bulu tangkis beregu putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Gedung PBSI Dispora Sumut, Kamis (12/9/2024).

Ramadhani yang turun di partai ketiga berhasil mengalahkan Kanaya Anisya Putri dalam pertandingan tiga set yang dramatis dengan skor 21-19, 12-21 dan 24-22.

Sebelumnya, Jateng sudah unggul 2-0 dari kemenangan tunggal putri Azzura Ihza Aulia dan ganda putri Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina.

Usai pertandingan, Sausan Dwi Ramadhani mengaku puas bisa membawa kemenangan untuk Jateng meski harus melewati pertandingan yang panjang.

"Ada rasa tegang di akhir-akhir set ketiga, makanya bisa terkejar lawan padahal sudah unggul jauh," kata Sausan.

Di set pertama, Putri unggul 11-6 saat turun minum setelah pukulan Ramadhani yang diarahkan ke belakang lapangan dinyatakan out oleh hakim garis.

Usai jeda minum, putri terus mengumpulkan angka demi angka.

Tetapi Ramadhani yang tak mau menyerah begitu saja dan terus memperkecil ketertinggalan hingga akhirnya Ramadhani berhasil menyamakan kedudukan 18-18.

Game poin pertama diperoleh ramadhani setelah dropshot ke sisi kiri putri tak mampu dijangkau.

Set pertama akhirnya menjadi milik Ramadhani setelah pukulan Putri dinyatakan keluar. Skor 21-19.

Putri yang tak mau menghilangkan peluang Jabar untuk mendapatkan medali emas terus bekerja keras.

Menampilkan permainan terbaiknya, atlet berusia 19 tahun ini pun akhirnya mampu merebug set kedua dengan angka 12-21.

Di set penentuan, Ramadhani memimpin perolehan angka dengan jarak yang cukup lebar.

Putri yang sudah tertinggal jauh 11-19 terus mencoba mengejar dan mendekati perolehan angka Ramadhani yang sempat meminta perawatan medis berupa semprotan dibagian paha kanan saat perolehan angka 17-19.

Putri menunjukkan semangat dan secara beruntun melakukan pukulan smash yang diakhiri dengan dropshot yang tak bisa dikembalikan ramadhani, skor berubah menjadi 18-19.

Sayangnya pengembalian smash yang dilakukan putri keluar hingga akhirnya macth poin 20-18 untuk Ramadhani.

Meski tertinggal, Putri tak mau menyerah. Ia terus berupaya melakukan pukulan-pukulan yang bervariasi. Skor pun berubah menjadi 19-20.

Putri kemudian memperpanjang nafas perlawanan setelah pukulannya tak bisa dikembalikan sempurna oleh ramadhani.
Skor  menjadi 20-20.

Sayangnya, Putri gagal memanfatkan peluang. Servis pendek yang ia lakukan tak mampu melewati net.

Match poin kedua untuk untuk Ramadhani.

Namun giliran Ramadhani yang tak mampu memanfaatkan peluang setelah netting yang dilakukannya gagal dan skor menjadi 21-21.

Permainan berlanjut dan memberikan match poin ketiga untuk Ramadhani setelah smashannya tak bisa dijangkau dan jatuh di dalam lapangan.

Akhirnya setelah melewati 4 kali match poin, Ramadhani mampu mengakhiri perlawanan Putri dan menutup set ketiga dengan skor akhir 24-22.

Dengan hasil ini, Jateng berhak membawa pulang medali emas, sementara Jabar harus puas mendapatkan medali perak. Sementara medali perunggu jadi milik DKI Jakarta dan Jawa Timur. (*)


(Deliserdang)

Belum ada Komentar untuk "Kalahkan Jabar, Jateng Rebut Emas Bulu Tangkis Beregu Putri"

Posting Komentar

BI dan The FED Pangkas Bunga Acuan, Dampak ke Pasar Keuangan Minim

  LensaMedan - Setelah Bank Indonesia (BI) memangkas besaran bunga acuan sebanyak 25 basis poin, selanjutnya Bank Sentral AS (The Fed) meman...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel