Penjualan Ritel Naik di Bulan Juli, IHSG dan Rupiah Ditutup Menguat


LensaMedan - Kinerja bursa di Asia ditransaksikan flat dengan kecenderungan mayoritas bursa mengalami penguatan.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini ditutup menguat 0.76% di level 7.761,39.

"IHSG konsisten berada di jalur hijau selama sesi perdagangan, dimana sejumlah saham seperti BREN, BBRI, GOTO, BBCA, PANI, AMRT menjadi motor penguatan kinerja IHSG pada hari ini," ujar Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (10/9/2024).

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan sore hari ini ditutup menguat tipis di level 15.445 per Dolar AS.

IHSG dan Rupiah dalam sehari perdagangan bergerak dalam rentang yang sangat terbatas.

Minimnya agenda ekonomi dari luar disebutkan Gunawan menjadi salah satu pendorong pergerakan pasar yang relatif tidak banyak mengalami perubahan di pasar Asia.

Akan tetapi, khusus untuk pasar saham di tanah air pada perdagangan hari ini ada rilis data penjualan ritel tanah air yang mengalami kenaikan cukup signifikan dimana penjualan ritel selama bulan Juli naik 4.5% secara tahunan (YoY), dibandingkan dengan bulan Juni yang naik 2.7%.

Membaiknya data penjualan ritel di tanah air menjadi kabar bagus bagi pasar saham dan rupiah di tanah air.

"Walau demikian, penjualan ritel yang membaik tersebut terjadi disaat pengeluaran masyarakat mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan kelas, sehingga membaiknya penjualan ritel tersebut dinilai wajar, dan direspon positif oleh pelaku pasar," terangnya.

Sementara itu, harga emas dunia ditransaksikan melemah tipis di level US$2.506 per ons troy nya, atau sekitar Rp1,25 juta per gram nya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Penjualan Ritel Naik di Bulan Juli, IHSG dan Rupiah Ditutup Menguat"

Posting Komentar

Arahkan Siswa Raih Cita-Cita, Sofyan Tan: Guru Harus Ikut Berkembang

LensaMedan – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sofyan Tan, memberikan motivasi kepada para guru dan kepala sekolah agar ma...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel