Peran Strategis BPS Capai Visi Indonesia Emas Lewat Penyediaan Data Statistik Berkualitas


LensaMedan - Badan Pusat Statistik didorong untuk terus berinovasi agar bisa menghadapi tantangan yang semakin besar dan terus berkembang.

Seperti revolusi data yang mendorong perubahan masif dalam ekosistem data; pengguna data yang semakin beragam serta semakin peduli (aware) terhadap kualitas dan pemanfaatan data.

Termasuk juga sumber daya manusia yang menangani statistik di K/L/D/I yang masih relatif terbatas sehingga masih belum optimal dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan statistik nasional.

Salah satu inovasi yang bisa dilakukan menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPS, Amalia Adininggar W, adalah dengan memanfaatkan ketersediaan sumber-sumber data baru, seperti Big Data dan data administrasi dalam pengumpulan data statistik.

BPS harus terus memperkuat metodologi pengumpulan data statistik dengan memanfaatkan berbagai kemajuan dalam bidang Teknologi Informasi, Sains Data, dan Statistika.

"BPS harus tampil sebagai leading sector pembangunan statistik nasional dengan mengoptimalkan peran kita sebagai pembina statistik sektoral untuk mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien," ujar Amalia dalam pidato tertulis yang dibacakan Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rahmat Gustiar, saat memimpin Apel Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2024 di BPS Provinsi Sumut Kamis (26/9/2024).

Untuk itu, kata Amalia, BPS tidak bisa bekerja sendiri. Karena itu, ia mengajak agar perayaan HSN tahun ini dijadikan sebagai momentum untuk terus memperkuat kolaborasi statistik

Apalagi lanjutnya, tema HSN tahun ini adalah “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”.

Tema ini dipilih untuk menunjukkan peran penting statistik berkualitas dalam mewujudkan visi Indonesia menjadi negara berdaulat, maju, dan berkelanjutan pada tahun 2045 mendatang, 100 tahun setelah Indonesia merdeka.

BPS memiliki peran strategis dalam pencapaian visi Indonesia Emas 2045 melalui penyediaan data untuk pemenuhan sebagian besar dari 45 indikator utama pembangunan.

Oleh karena itu, Amalia mengajak semua insan BPS untuk dapat mengaktualisasikan secara konkret tema tersebut dalam setiap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kita menyediakan statistik berkualitas.

"Data statistik yang kita hasilkan turut membantu pemerintah perumusan kebijakan yang berdampak besar bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua  HSN 2024 BPS Provinsi Sumut, Alberto Hasugian, menjelaskan, peringatan HSN tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pemberian penghargaan Insan Statistik Teladan, menggelar Sosialiasi Angka Kemiskinan dan Indikator Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, dan juga kegiatan donor darah pada 1 Oktober nanti. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk " Peran Strategis BPS Capai Visi Indonesia Emas Lewat Penyediaan Data Statistik Berkualitas"

Posting Komentar

Ada Efek Ekonomi China dan AS, IHSG Dibuka Melemah

LensaMedan - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah di level 7.717, dan sejauh ini IHSG berlanjut melemah di bawah level ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel