Potensi Resesi di AS Kembali Mencuat, IHSG Dibuka di Zona Merah


LensaMedan - Data ISM manufacturing AS merealisasikan angka yang lebih rendah dari ekspektasi di level 47.2.

Dengan rilis data tersebut bursa saham di AS mengalami tekanan jual, dan pada perdagangan pagi ini mayoritas bursa di Asia juga ditransaksikan di zona merah.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi perdagangan pagi juga melemah di level 7.570 atau turun sekitar 0.6%.

Analis Keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, terkontraksinya kinerja indeks manufaktur di AS, kembali mendorong ekspektasi bahwa AS masih berpeluang untuk masuk masuk dalam jurang resesi.

Ditambah lagi, data di tanah air sebelumnya juga menunjukan bahwa sektor manufaktur Indonesia juga mengalami kontraksi.

“Dan seperti yang dikhawatirkan sebelumnya, memburuknya data manufaktur akan berakibat buruk bagi pasar saham,” ujar Gunawan di Medan, Rabu (4/9/2024).

Namun menurut Gunawan, kemungkinan resesi yang terjadi di AS tersebut justru bisa menjadi kabar baik bagi mata uang Rupiah. Dengan adanya ancaman resesi, besar kemungkinan bahwa suku bunga acuan akan dipangkas dalam waktu dekat.

Pada perdagangan pagi ini, kinerja mata uang Rupiah sejauh ini bergerak sideways terhadap Dolar AS. Rupiah terpantau bergerak dikisaran level 15.520 – 15.525 per Dolar AS.

Jika mengacu kepada kinerja imbal hasil US Treasury 10 tahun yang turun di kisaran level 3.8%, maka mata uang Rupiah pada dasarnya berpeluang untuk menguat terhadap Dolar AS.

“Rupiah berpeluang untuk bergerak dalam rentang 15.500 hingga 15.550, sementara IHSG berpeluang untuk bergerak dalam rentang 7.500 – 7.580 di hari ini. Dan di sisi lain, harga emas pada perdagangan pagi terpantau mengalami pelemahan di level US$2.493 per ons troy nya,” pungkasnya. (*)

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Potensi Resesi di AS Kembali Mencuat, IHSG Dibuka di Zona Merah"

Posting Komentar

Ramai-ramai Konten Kreator Sumut Deklarasi Dukung Bobby Nasution di Pilgubsu

LensaMedan - Para konten kreator yang berasal dari Sumatera Utara menyatakan dukungan kepada Bobby Nasution dalam kontestasi Pilgubsu, Novem...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel