September, Sumut Kembali Berpotensi Cetak Deflasi

LensaMedan - Penurunan yang tajam pada harga cabai membuat Sumatra Utara (Sumut) akan kembali membukukan deflasi pada bulan September.

Tidak tanggung-tanggung, diperkirakan Sumut akan mencetak deflasi minimal 0,35% secara bulanan atau month to month.

Angka sebesar itu menurut pemerhati Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, terbilang cukup signifikan, mengingat Sumut telah mengalami deflasi berulang yang terjadi di bulan-bulan sebelumnya.

Harga cabai merah dan cabai rawit akan menyumbang deflasi paling besar pada bulan September ini.

Disusul selanjutnya harga daging ayam yang juga berpeluang mencetak deflasi. Untuk komoditas lainnya terantau bergerak stabil dengan fluktuasi ringan.

Dan deflasi pada bulan ini nantinya memang bisa ditafsirkan bahwa Sumut tengah mengalami gangguan daya beli.

"Akan tetapi, saya menilai daya beli tidak mudah diukur dengan melihat perubahan harga cabai atau bawang serta tanaman hortikultura lainnya. Dikarenakan pembentukan harga komoditas tersebut sangat dipengaruhi oleh sisi supply yang juga kerap naik turun secara tiba-tiba," ujar Gunawan di Medan, Selasa (24/9/2024).

Namun untuk komoditas daging sapi dan daging ayam bisa mencerminkan gangguan daya beli saat ini, karena supplynya cenderung bisa konsisten bertahan di level tertentu, atau sisi persediannya sangat mampu mengikuti perubahan pola konsumsi sehingga lebih mudah untuk diukur perubahan pola permintaannya.

Dan memang daging ayam serta daging sapi sejauh ini menujukan adanya gangguan pada daya beli masyarakat di wilayah Sumut.

Gunawan menilai deflasi yang terjadi di bulan September ini memang seharusnya tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Semestinya deflasi yang terjadi mendorong masyarakat lebih banyak berbelanja. Bukan deflasi diikuti deflasi yang lainnya, sehingga ditafsirkan sebagai bentuk kemampuan belanja masyarakat yang kian menurun.

"Deflasi di bulan ini memang menjadi kabar yang tidak baik. Tetapi ekonomi Sumut masih dalam kondisi baik, meskipun dengan catatan butuh upaya dorongan untuk memperbaiki belanja masyarakat," pungkasnya. (*)


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "September, Sumut Kembali Berpotensi Cetak Deflasi"

Posting Komentar

Sinyal Stabil Indosat Bantu Farica Abel Raih Medali Emas

LensaMedan - Senyum lebar terpampang di wajah Farica Abela, pebulu tangkis asal Jawa Barat (Jabar), saat diminta foto bersama usai pengalung...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel