Sofyan Tan: Anggaran Makan Gratis Lebih Baik Disalurkan Lewat Dana BOS


LensaMedan – Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan, pesimis dengan program makan siang gratis jika pola penyalurannya diserahkan ke kontraktor.

Akan lebih baik menurutnya anggaran tersebut disalurkan melalui dana BOS, atau beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

Hal ini diungkapkannya saat menjadi keynote speaker dan membuka acara Workshop Pendidikan dengan Tema Peran Pendidikan dalam Penyiapan SDM Unggul Indonesia Emas 2045 di Hotel & Resort Pancur Gading, Deli Serdang, Minggu (22/9/2024).

“Niatnya sudah baik, tapi penempatan anggarannya menurut saya kurang tepat,” kata Sofyan Tan.

Ia mengatakan, jika anggaran Rp71 triliun dikelola melalui tender, dan dimenangkan kontraktor dari pusat, lalu disalurkan melalui sub kontraktor di provinsi dan kab/kota, maka nilai makan siangnya bisa menyusut tak sesuai pagu.

Apalagi jika untuk mengelolanya harus membentuk badan baru, lalu harus membiayai staf, gedung dan kantor dari pusat hingga daerah, tentu anggarannya akan semakin sedikit sampai ke siswa.

Sofyan Tan memaparkan, akan lebih efektif jika anggaran tersebut disalurkan melalui dana BOS agar dapat langsung dikelola sekolah.

Sehingga makan siang yang diberikan ke siswa dapat disesuaikan dengan kondisi daerah tanpa harus mengurangi nilai gizi dan nutrisi.

Jika ini dilakukan, maka petani, nelayan dan pedagang kecil di sekitar sekolah akan terkena dampak keuntungan.

Selain itu, dapat juga disalurkan melalui anggaran beasiswa PIP yang selama ini sudah ada tinggal ditambah nilai dan peruntukannya.

Jika anggaran makan siang gratis tersebut masuk melalui PIP tentu akan lebih tepat sasaran lagi karena dikelola langsung oleh ibu siswa.

Dia yakin dan percaya tidak akan ada ibu yang tega menyunat anggaran makan siang untuk anaknya sendiri. Bahkan yang ada ibunya rela tidak makan asal anaknya bisa makan enak dan bergizi.

“Saya lebih percaya anggaran ini dikelola ibu-ibu dari pada kontraktor,” ujar Sofyan Tan disambut setuju para peserta.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, untuk mempersiapkan SDM unggul berkualitas menuju Indonesia Emas 2045, harus dimulai sejak pendidikan dini di PAUD.

Bahkan di Finlandia, negara yang sistem pendidikannya bagus, sudah mendidik anak sejak usia 3 bulan.

Ketua Tim Kerja Regulasi dan Tata kelola Direktorat PAUD, Untung Wismono, mengatakan guru harus menumbuhkan minat dan daya tarik siswa untuk senang belajar.

Guru juga harus punya kompetensi mumpuni. Agar bisa mempersiapkan SDM unggul Indonesia emas 2045.

Hadir dalam acara Kabid Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang Jumakir, narasumber Jusrin Ependi Johar, dari Universitas Prima Indonesia, Vina dari YPSIM, moderator Abed Nego Terkelin Bangun, dan peserta dari guru serta kepala sekolah di Deli Serdang. (*)


(Deliserdang)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan: Anggaran Makan Gratis Lebih Baik Disalurkan Lewat Dana BOS"

Posting Komentar

Minim Informasi Tahapan Penetapan Paslon, Anggota DPRD Minta KPU Medan Transparan

Lensamedan - Anggota DPRD Kota Medan, Roby Barus meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan membuka kran informasi seluas-luasny...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel