Sofyan Tan: KBBI Online Bikin Belajar Bahasa Indonesia Lebih Mudah


LensaMedan – Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan, mengatakan, bangsa Indonesia sudah sepatutnya bangga karena memiliki bahasa yang menjadi pemersatu yakni bahasa Indonesia.

Namun sayangnya terkadang untuk kepentingan tertentu, kata dalam bahasa Indonesia menjadi berubah makna.

“(seperti) kata nebeng yang viral itu. 78 ribu kali disebut ketika itu,” kata Sofyan Tan saat membuka acara Diseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam rangka kemitraan dengan Komisi X DPR RI di Hotel Grand Dhika, Senin (23/9/2024).

Sofyan Tan menerangkan, jika kita buka kamus KBBI, nebeng artinya adalah ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar.

Nebeng makan artinya ikut makan gratis. Kalau di Medan disebut menumpang atau numpang. Jika kelamaan menumpang biasa bisa bikin orang kesal karena maunya gratis terus.

Seperti diketahui beberapa hari lalu kata nebeng sempat viral karena menjadi trending topik pada pada platform X yang disebut 78 ribu kali.

Banyak netijen yang penasaran dan mengakses KBBI untuk mencari tahu makna arti nebeng karena yang diketahui arti kata nebeng adalah ikut dengan orang lain, bukan pergi sendiri pulang dan pergi.

Jadi, lanjut Sofyan Tan, masyarakat sekarang sudah pintar dan bisa mengakses KBBI secara online untuk memastikan arti kata yang sedang trending.

“Kita bisa belajar bahasa Indonesia melalui KBBI dengan mudah,” ujarnya.

Sofyan Tan mengungkapkan bahwa bahasa Indonesia saat ini sudah dipelajari di banyak negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Burma dan Australia.

Banyak negara menganggap bahasa Indonesia penting unruk dikuasai sebab negara kita punya kekayaan yang luar biasa. Sehingga menarik minat negara lain untuk mempelajarinya dengan harapan bisa dekat dengan Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan (Kapustanda) Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, Iwa Lukmana, menyampaikan apresiasinya kepada Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan serta ucapan terima kasih pada peserta yang hadir dalam diseminasi KBBI.

Dia berharap kegiatan ini bermanfaat bagi peserta sehingga mendapat investasi keilmuan dan pengetahuan yang menarik serta berguna.

Kepala Balai Bahasa Sumut Hidayat Widiyanto, menambahkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mendiseminasikan atau menyosialisasikan KBBI yang selama ini menjadi produk unggulan Badan Bahasa.

Harapannya melalui diseminasi tersebut ada masukan dan saran dari pengguna terkait KBBI.

Hadir sebagai peserta dari mahasiswa, guru, kepala sekolah, dosen dan stakeholder lain yang dianggap sebagai pengguna KBBI dalam aktivitas kesehariannya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan: KBBI Online Bikin Belajar Bahasa Indonesia Lebih Mudah"

Posting Komentar

Rico-Zaki Silaturahmi Bersama 1.200 Tokoh dan Masyarakat Thionghoa Kota Medan

LensaMedan - Calon Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas (Rico Waas) bersama calon Wakil Wali Kota Medan Zakiyuddin Harahap menghadiri ac...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel