Sumut Ikut Gelar Pembukaan PON XXI


LensaMedan - Panita Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Wilayah Sumatera Utara (Sumut) turut menyiapkan acara pembukaan PON XXI yang dijadwalkan dilaksanakan pada 9 September 2024.

Penanggungjawab pada Pelaksanaan Opening & Closing Ceremony PON XXI/2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut, Mahfullah Pratama Daulay, mengatakan, untuk wilayah Sumut, acara pembukaan PON akan dilaksanakan di Stadion Baharuddin Siregar yang berada di Lubukpakam, Deliserdang.

"Sementara upacara pembukaan secara resmi dilaksanakan di Provinsi Aceh yang dihadiri Presiden Joko Widodo," ujar Mahfullah saat temu pers yang digelar di Media Center PON, di Santika Dyandra Medan, Jumat (6/9/2024).

Mahfullah yang biasa dipanggil Ipunk, menjelaskan, pemilihan Stadion Baharudin Siregar sebagai lokasi pembukaan dikarenakan sejumlah faktor.

Selain untuk tidak mengganggu jadwal penyelesaian Stadion Utama yang akan digunakan untuk upacara penutupan PON Aceh-Sumut XXI, kapasitas Stadion Baharuddin Siregar dinilai cukup untuk menampung sekitar 5 ribu undangan.

"Sedangkan untuk masyarakat yang tidak bisa ditampung di dalam stadion, bisa kita tempatkan di bagian luar stadion yang akan kita lengkapi dengan kursi, tenda dan kita pasang videotron," ucapnya.

Diterangkan Ipunk, acara pembukaan di Stadion Baharuddin akan dibagi dalam 2 sesi, yakni sesi off air dan sesi on air.

Sesi off air yang dimulai sore hari akan diisi dengan hiburan musik yang mendatangkan group band dari ibukota J Rock dan band lokal dan juga lucky draw dengan hadiah utama 1 unit mobil.

Setelah itu,  akan terhubung ke Aceh, untuk mengikuti acara pembukaan.

"Apa yang dilakukan di Aceh, juga akan kita dilakukan di sini. Seperti defile kontingen penyulutan api PON dan juga pesta kembang api," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Pemasaran, Promosi Broadcast & TIK Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Wilayah Sumut, Mayjen TNI. Purn. Heru Suryono, S.I.P., M.Si., CFrA, menambahkan, pelaksanaan PON yang melibatkan dua provinsi baru kali pertama dilakukan.

Dan ini tentunya butuh kerja sama yang baik, terutama yang terkait dengan publikasi yang melibatkan media massa, sehingga gaungnya bisa menjangkau seluruh Indonesia.

"Dan ini juga menjadi pesan khusus Pak Ketua Umum  KONI, Pak Marciano yang meminta agar olahraga favorit yang banyak diminati masyarakat untuk disiarkan secara langsung. Jadi yang gak bisa nonton langsung di venue bisa turut menyaksikan," kata Heru.

Diketahui Sumut menjadi tuan rumah untuk 34 cabang olahraga (Cabor) yang pelaksanaannya digelar di 10 kabupaten/kota. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sumut Ikut Gelar Pembukaan PON XXI"

Posting Komentar

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut-Pemkab Labuhanbatu Resmikan Program EMBRIO

LensaMedan - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melalui Sales Area Retail Sibolga meresmikan Program Empower B2B Market Service Oppo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel