Awal Pekan, Harga Cabai dan Tomat Melambung


LensaMedan - Harga cabai merah melambung di awal pekan ini. Jika di akhir pekan kemarin harga cabai merah yang paling murah berada dikisaran Rp22 ribuan per Kg, maka pada hari ini harga cabai merah paling murah di harga Rp25 ribu per Kg.

Harga tersebut berada di sekitar wilayah yang berdekatan dengan sumber produksi seperti Pasar Delimas Lubuk Pakam.

Sementara berdasarkan hasil pemantauan PIHPS, di salah satu pasar di Kota Medan, harga cabai merah ditransaksikan Rp35 ribu per Kg nya. Dari sebelumnya Rp21 ribu per Kg pada hari Jumat, atau naik sekitar 67%.

Saat ini harga caba merah segar dijual paling murah dalam rentang Rp25 ribu hingga Rp27 ribu per Kg.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, menyebutkan, pemicu kenaikan harga cabai merah dikarenakan pasokan yang mengalami gangguan karena terjadi penurunan jumlah atau kuantitas panen.

"Karena itu sebenarnya, kenaikan harga cabai merah ini sudah diproyeksikan jauh hari sebelumnya," kata Gunawan di Medan, Senin (14/10/2024).

Selain cabai merah, harga cabai rawit disebutkan Gunawan juga mengalami kenaikan di sejumlah wilayah di Sumut.

Namun dari hasil pengamatan, untuk Kota Medan terpantau relatif stabil dikisaran harga Rp33 ribu per Kg.

Selain itu, harga tomat juga ikut melambung dikisaran Rp11 ribu per Kg, dari posisi sebelumnya dikisaran harga Rp7 ribu per Kg di akhir pekan.

Atau naik sekitar 47% dibandingkan dengan kinerja akhir pekan sebelumnya.

Jauh hari sudah diperingatkan bahwa harga kebutuhan pokok bisa tetap naik sekalipun ada gangguan pada daya beli masyarakat.

"Dengan realisasi harga komoditas pangan yang naik tajam tersebut, Sumut akan mencetak inflasi pada bulan Oktober ini," sebutnya.

Selain 3 komoditas di atas, minyak goreng dan daging ayam juga berpeluang memicu inflasi.

Meskipun sejauh ini inflasi dari dua komoditas tersebut belum bersifat permanen di Oktober. Karena untuk harga minyak goreng masih volatile.

Sementara harga daging ayam meskipun belakangan naik sekitar 2 hingga 3 ribu per Kg, namun diperkirakan harga akan kembali turun nantinya dalam rentang 24 hingga 28 ribu per Kg.

Untuk komoditas cabai merah Gunawan menghitung harganya akan berada dikisaran 25 hingga 35 ribu per Kg hingga memasuki bulan November mendatang.

"Harga ini masih dalam batas harga keekonomian, sehingga sebaiknya pemeirntah melakukan pamantauan dan pengawasan terlebih dahulu. Belum dibutuhkan intervensi untuk meredam gejolak harga cabai merah saat ini," pungkasnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Awal Pekan, Harga Cabai dan Tomat Melambung"

Posting Komentar

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Pimpinan MPR RI

LensaMedan - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan dari Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) di Istana Merd...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel