Frekuensi Perjalanan Semakin Meningkat, KAI Berkomitmen Jaga On Time Performance
LensaMedan - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen mengakomodir peningkatan mobilitas pelanggan dan barang yang semakin tinggi dengan kereta api.
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan, pada tahun 2021, jumlah frekuensi perjalanan KA sebanyak 785.127 KA.
Angkanya meningkat di tahun 2022 menjadi 786.210 KA, sementara di tahun 2023 semakin meningkat menjadi 815.666 KA.
“Pada tahun 2024 ini sesuai grafik perjalanan kereta api, KAI akan mengoperasikan 839.238 perjalanan kereta api. Angka tersebut terdiri dari perjalanan kereta jarak jauh dan lokal, KRL, KA Bandara, serta KA Barang. Jumlah frekuensi perjalanan kereta api tersebut, juga belum termasuk kereta api tambahan yang KAI operasikan saat libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru atau Mudik Lebaran,” ungkap Didiek di Jakarta (9/10/2024) .
Didiek menambahkan, seiring jumlah frekuensi perjalanan kereta api yang semakin meningkat, KAI berkomitmen menjaga ketepatan waktu keberangkatan maupun kedatangan kereta api baik penumpang maupun barang.
“Pada tahun 2024 dari Januari sampai September on time performance keberangkatan KA Penumpang rata-rata mencapai 99,78% lalu untuk kedatangan rata-rata yaitu 97,16%. Untuk on time performance keberangkatan KA Barang rata-rata mencapai 94,78% lalu untuk kedatangan yaitu 90,66%,” tambah Didiek.
Ia menjelaskan secara keseluruhan rata-rata on time performance KA Penumpang dan KA Barang pada periode Januari-September 2024 meningkat dibanding tahun 2023 di periode yang sama dengan rincian:
- Keberangkatan KA Penumpang: pada tahun 2023 yaitu 99,61% meningkat di tahun 2024 menjadi 99,79%
- Kedatangan KA Penumpang: pada tahun 2023 yaitu 94,8% meningkat di tahun 2024 menjadi 97,16%
- Keberangkatan KA Barang: pada tahun 2023 yaitu 92,62% meningkat di tahun 2024 menjadi 94,79%
- Kedatangan KA Barang: pada tahun 2023 yaitu 86,35% meningkat di tahun 2024 menjadi 90,66%
“Kebutuhan pasar di Indonesia yang semakin tinggi terkait kebutuhan transportasi kereta api baik penumpang maupun barang menjadi tantangan bagi KAI. Selain menjawab peningkatan kebutuhan akan daya kapasitas, KAI juga berkomitemen untuk menjaga kualitas layanan kereta api dengan mengedepankan aspek keselamatan dan ketepatan waktu perjalanan,” tutup Didiek. (*)
(Jakarta)
Belum ada Komentar untuk "Frekuensi Perjalanan Semakin Meningkat, KAI Berkomitmen Jaga On Time Performance"
Posting Komentar