Kampanye di Desa Pohan Jae Siborongborong, Satika Simamora akan Fokus Pembangunan SDM


LensaMedan - Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Tapanuli Utara (Taput) nomor urut 1 Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat melakukan kampanye rapat pertemuan terbatas sekaligus pelantikan Tim Pemenangan tingkat TPS di Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborongborong, Jumat (11/10/2024).

Masyarakat Desa Pohan Jae boleh berbangga, karena meski cuma  pelantikan tim pemenangan tingkat TPS, Paslon Satika-Sarlandy hadir didampingi Ketua Umum Pemenangan, Nikson Nababan dan Sekretaris Umum Doppak Hutasoit.

Sebelum agenda pelantikan tim pemenangan TPS Desa Pohan Jae dilakukan, Calon Bupati Taput, Satika Simamora menyampaikan orasi politiknya.

Dalam orasinya, Satika menyampaikan jika Tuhan berkehendak dirinya menjadi Bupati Taput, maka program pembangunan dan pengembangan sumberdaya manusia (SDM) menjadi prioritas.

Tentu saja, kata Satika, pembangunan di bidang lain, seperti infrastruktur jalan dan jembatan, kesehatan, pendidikan, pertanian, akan tetap dilanjutkan.

"Pada masa pemerintahan Pak Nikson Nababan selama dua periode, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan memang menjadi prioritas. Kita sudah menyaksikan bahwa infrastruktur jalan dan jembatan tinggal sekitar 20% yang belum tuntas. Nah, nanti setelah kita menang, saya bersama pak wakil bupati Sarlandy Hutabarat akan lebih fokus kepada pembangunan sumber daya manusia," ucapnya.

Satika Simamora menjelaskan, program pembangunan sumber daya manusia yang dia maksud menyasar kelompok pemuda-pemudi dan juga ibu rumah tangga.

Untuk kelompok pemuda-pemudi, Satika mengaku sudah memiliki visi bagaimana memberdayakan pemuda agar mampu menciptakan lapangan kerja sekaligus mengurangi tingkat pengangguran.

Caranya dengan lebih mengaktifkan kinerja Balai Latihan Kerja (BLK) Silakkitang.

Para pemuda-pemudi yang lulus SMA/SMK akan diberikan pelatihan bermacam-macam keterampilan. Dengan begitu, mereka tidak lagi hanya menggeluti profesi sebagai petani.

Setelah mendapatkan pelatihan di BLK diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, sekaligus mengurangi tingkat pengangguran.

"Seperti tadi saya sampaikan, pada jaman pak Nikson, pembangunan di bidang infrastruktur sudah hampir tuntas. Jadi nanti, saya jadi Bupati akan mengalokasikan lebih banyak lagi anggaran untuk program pembangunan sumber daya manusia," katanya.

Selain menyasar kelompok pemuda-pemudi, ibu rumah tangga juga merupakan menjadi prioritas. Melalui pembangunan dan pembenahan UMKM. Menurut Satika, bukan hal yang mustahil para ibu rumah tangga mampu menghasilkan uang dari rumah. Caranya dengan memberikan pelatihan-pelatihan bagaimana mengolah hasil pertanian menjadi produk olahan.

Hasil pertanian warga, nantinya akan diolah lanjutan, tidak dijual secara mentah. Disamping bisa bekerja dan menghasilkan uang dari rumah, Ibu-ibu rumah tangga juga punya waktu lebih untuk mendidik anak-anak sehingga akan melahirkan anak-anak cerdas dan sehat.

"Masih banyak program pembangunan sumber daya manusia yang akan saya kerjakan setelah menjadi Bupati. Intinya, pembangunan Tapanuli Utara ke depan kita fokuskan di situ karena infrastruktur kita sudah mumpuni. Visi saya, visi Satika Simamora-Sarlandy adalah pembangunan manusia yang berdaya saing, berkarakter dan berkeadilan. Pilih Satika-Sarlandy untuk Taput lebih maju," ucap Satika Simamora.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Tim Pemenangan TPS Desa Pohan Jae oleh Ketua Umum Pemenangan Satika Simamora-Sarlandy, Nikson Nababan.

Seluruh tim pemenangan berjanji akan bekerja sebaik-baiknya untuk memenangkan Satika-Sarlandy. (darwin nainggolan)


(Tapanuli Utara)

Belum ada Komentar untuk "Kampanye di Desa Pohan Jae Siborongborong, Satika Simamora akan Fokus Pembangunan SDM"

Posting Komentar

Hampir Jebol, Akhirnya Tanggul Sungai Dalu-Dalu akan Diperbaiki

LensaMedan – Setelah penantian panjang, akhirnya tanggul Sungai Dalu-Dalu yang hampir jebol akan segera diperbaiki. Hal ini ditandai dengan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel