KPA Rumah Relawan Batu Bara Gelar Sosialisasi Ecobrick Kepada Siswa SD

LensaMedan - Komunitas Pecinta Alam (KPA) Rumah Relawan Batu Bara bersama SDN 17 Titi Payung  menggelar sosialisasi tentang sampah plastik dan ecobrick. Kegiatan melibatkan 130 siswa yang terdiri dari kelas 3-6 untuk membuat ecobrick bersama, Sabtu(19/10/2024).

Ecobrick merupakan sebuah inovasi ramah lingkungan yang memanfaatkan botol plastik bekas dan sampah plastik menjadi bata ramah lingkungan. Kegiatan ini dihadiri oleh para siswa, guru, dan Ka. UPT SDN 17 Titi Payung. 

Sosialisasi dimulai dengan pemaparan mengenai dampak limbah plastik terhadap lingkungan oleh penggiat KPA Rumah Relawan Muchammad Fauzan, yang menjelaskan tentang cara mengubah botol plastik menjadi ecobrick, yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan untuk berbagai proyek kreatif. 

Setelah sesi teori, siswa diajak untuk praktik langsung. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengisi botol plastik dengan sampah plastik yang sudah dipotong-potong kecil, yang kemudian dipadatkan. Kegiatan ini tidak hanya mengedukasi, tetapi juga mengajak siswa untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara Kepala UPT SDN 17 Titi Payung Hj. Darwawiyah S.Pd mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. 

"Kami ingin siswa tidak hanya belajar, tetapi juga berkontribusi dalam menjaga bumi kita agar lebih bersih," harapnya.

Founder KPA Rumah Relawan Ismail mengaitkan kebersihan dengan ajaran agama, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, dan harus dilaksanakan oleh setiap orang yang beragama.

“Kebersihan itu tanggung jawab kita semua, termasuk adik-adik yang ada di sekolah dasar. Mari kita sama-sama tanggung jawab pada sampah yang kita hasilkan dari membeli jajanan ya, dek," cetus Ismail.

Kegiatan sosialisasi ecobrick ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi siswa untuk menerapkan prinsip daur ulang dan mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. 

Inisiator kegiatan ini, Nova Ramadhani yang merupakan guru wali kelas 4 berharap anak-anak SD dapat belajar tidak hanya di kelas melalui buku pelajaran, melainkan aktivitas yang memunculkan kreativitas dan juga menumbuhkan kesadaran lingkungan.

"Nantinya tiap kelas akan berkreasi membentuk hasil karya dari ecobrick yang telah dibuat," kata Nova.

Reporter : Reza

Belum ada Komentar untuk "KPA Rumah Relawan Batu Bara Gelar Sosialisasi Ecobrick Kepada Siswa SD"

Posting Komentar

Bobby Nasution: Gubernur Harus Berbuat, Tidak Hanya Ikut Gunting Pita

LensaMedan - Seorang gubernur atau kepala daerah harus bekerja secara maksimal untuk mensejahterakan masyarakat dan membangun daerahnya, tid...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel