Pemerhati Sosial Minta Pelaku Pencurian Sawit Milik PTPN 4 Bah Jambi Segera Ditindak

LensaMedan - Toke sawit berinisial KS yang selama ini disebut-sebut sebagai penadah puluhan ton tandan buah segar (TBS) hasil curian milik PTPN IV Bah Jambi, sampai saat ini belum ditindak. 

Sejumlah kalangan mengaku sangat prihatin dengan aksi pencurian TBS oleh kelompok toke berinisial KS tersebut yang diduga ada campur tangan oknum aparat nakal.

Pasalnya, beredar kabar jika toke berinisial KS ini tergolong besar memberi upeti guna mendapatkan bekingan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

"Sudah bukan rahasia lagi, sudah berlangsung lama kelompok toke berinisial KS ini. Sehingga betul-betul sangat memalukan dengan struktur manajemen yang sedemikian rupa itu," ucap seorang pemerhati sosial Saprudin, Sabtu (26/10) siang.

Saprudin mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah ini, semua pihak termasuk pihak perkebunan PTPN 4 Bah Jambi, aparat keamanan, perangkat desa mewakili masyarakat perlu bersinergi untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan mencari solusi yang berkelanjutan," katanya saat ditemui wartawan di seputaran emplasemen perkantoran Group I Bahjambi.

Lebih lanjut, Saprudin mengatakan tindakan tegas aparat dan kepedulian perusahaan sangat perlu dilakukan terhadap kelompok toke berinisial KS, yang dikabarkan berdomisili di seputaran Jalan Lintas Sumatera ini. 

'Kita berharap tidak hanya sebatas penindakan terhadap warga pengais brondolan sawit dan pencuri dua tiga tandan sawit milik perkebunan yang dilakukan oknum warga selama ini," harapnya.

"Jangan nanti timbul kesan negatif terima setoran dibalik aksi panen massal oleh kelompok berinisial KS di kebun kelapa sawit wilayah setempat," sambungnya.

Kemudian tambah Saprudin, perusahaan perkebunan terkesan tidak mematuhi kewajibannya, seperti menyalurkan program kemitraan, plasma dan bina lingkungan. Bahkan, sepertinya terkesan lebih memilih bergabung dengan kelompok KS.

“Kita minta pihak perkebunan segera laporkan aksi pencurian TBS ini ke pihak berwajib, agar Kapolda segera memerintahkan jajarannya khususnya Kapolres untuk menangkap toke berinisial KS ini. Karena perbuatan kelompok KS ini sangat merusak. Warga jadi malas bekerja dan mental maupun moral anak-anak remaja pada umumnya terganggu," tandasnya.

Sementara, saat dikonfirmasi wartawan terkait dugaan aksi pencurian massal TBS milik PTPN 4, Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Unit Kebun Bah Jambi, Mawan Kurniawan mengatakan bahwa kasus pencurian tandan buah segar milik perkebunan masih ada. Tetapi jika dibandingkan dengan peningkatan produksi terus naik dari tahun sebelumnya.

"Yang namanya pencurian pasti ada dan  mengganggu capaian kinerja. Namun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sudah cukup siginifikan peningkatan produksinya,walaupun tingkat pencurian masih ada," jelas Marwan.

(Simalungun)

Belum ada Komentar untuk "Pemerhati Sosial Minta Pelaku Pencurian Sawit Milik PTPN 4 Bah Jambi Segera Ditindak"

Posting Komentar

Tokoh Agama Serukan Agar Pilkada Tapanuli Utara Berjalan Damai

  LensaMedan - Perhelatan Pimilukada Serentak  tahun 2024, kemungkinan banyak yang akan terjadi, yang dapat merusak tatanan demokrasi yang s...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel