Polres Taput Panggil Para Camat dan Kepala Desa


Lensamedan - Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Tapanuli Utara (Taput) melakukan pemanggilan terhadap sejumlah camat dan kepala desa sehubungan dengan banyaknya laporan pengaduan masyarakat (Dumas) yang masuk.

Para kepala desa dimintai data dan keterangan perihal indikasi penyelewengan dana desa sebagaimana dilaporkan masyarakat melalui Dumas.

Kasat Reskrim Polres Taput, AKP Efendi Purba mengatakan bahwa para kepala desa yang menghadap kepada Unit Tipidkor bukan pemanggilan atau pemeriksaan, melainkan diundang untuk permintaan data dan verifikasi atas aduan masyarakat.

"Iya, karena banyak Dumas yang masuk maka kepala desa kita undang untuk permintaan data dan verifikasi. Setiap Dumas yang masuk harus kita tindak lanjuti, makanya kita undang. Jadi bukan pemanggilan atau pemeriksaan," kata AKP Efendi Purba.

Menurut sumber yang layak dipercaya menyampaikan, dari sisi kuantitas, pemanggilan terhadap Kepala Desa dalam rentang waktu 2 bulan terakhir terbilang cukup meningkat.

Disinyalir, para kepala desa yang dipanggil atau disebut diundang menghadap kepada Unit Tipidkor ada kaitannya dengan semakin dekatnya waktu menuju perhelatan Pilkada Taput 27 November mendatang.

Informasi dikumpulkan, ada sekitar 15 kepala desa dari 3 kecamatan yang dipanggil.

Yakni Kecamatan Pangaribuan, di antaranya Kepala Desa Parsibarungan, Kepala Desa Sigotom Nauli, Kepala Desa Hutaraja, termasuk Camat Pangaribuan.

Kecamatan Simangumban, diantaranya Camat Simangumban, Kepala Desa Simangumban Julu, Aek Nabara, Simangumban Jae, Silosung, Lobu Sihim, Dolok Sanggul, Dolok Saut dan Kepala Desa Pardomuan.

Kecamatan Tarutung, masing-masing Kepala Desa Parbubu I, Huta Toruan III, Desa Simamora, Siraja Oloan, Parbaju Julu Toruan, Parbubu Pea dan Kepala Desa Parbubu II.

Ketika hal itu ditanyakan kepada Kasat Reskrim AKP Efendi Purba menyampaikan akan dicek dulu datanya.

Kemudian soal banyaknya kepala desa yang dimintai keterangan dan data oleh Unit Tipidkor, yang terbilang cukup meningkat dari sisi kuantitas, pun kata dia akan dicek dulu.

"Saya baru 2 minggu menjabat Kasat Reskrim. Nanti saya cek dulu datanya, atau nanti tanyakan lebih lengkap ke bagian humas," katanya.

AKP Efendi Purba juga menegaskan pemanggilan (undangan) kepada sejumlah kepala desa tidak ada kaitannya dengan Pilkada, tetapi murni untuk menindaklanjuti Dumas yang masuk ke Polres Taput dan tetap berkoordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah (APIP).

"Saya sebagai Kasat Reskrim menegaskan hal itu tidak benar. Kepala Desa yang diundang untuk klarifikasi jangan dihubung-hubungkan dengan politik," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Inspektorat Taput, Erikson Siagian mengaku kaget dengan banyaknya kepala desa yang dimintai data dan keterangan oleh pihak Polres Taput.

Sejauh ini kata dia apabila kepala desa dilaporkan ke Polres dan menghadap, akan saling berkoordinasi dengan APIP.

"Coba nanti saya cek dulu datanya," ucapnya singkat. (darwin nainggolan)


(Tapanuli Utara)

Belum ada Komentar untuk "Polres Taput Panggil Para Camat dan Kepala Desa"

Posting Komentar

Polres Taput Panggil Para Camat dan Kepala Desa

Lensamedan - Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Tapanuli Utara (Taput) melakukan pemanggilan terhadap sejumlah camat dan kepala desa sehubunga...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel