Resmikan Bendungan Lausimeme, Jokowi: Ini Bendungan ke-47 yang Saya Resmikan


LensaMedan - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Lausimeme di Desa Rumah Gerat, Deli Serdang pada hari kedua kunjungan kerjanya di Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

Bisa dibilang ini merupakan lawatan terakhir Jokowi ke Sumut. Pasalnya empat hari lagi, masa jabatan Jokowi sebagai Presiden RI akan berahir.                                   

Pada peresmian ini Jokowi mengatakan ini merupakan bendungan ke-47 yang ia resmikan selama menjabat sejak 2014.

Bendungan Lausimeme, tambahnya, menjadi salah satu proyek strategis nasional yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan air dan irigasi pertanian di wilayah Sumatera Utara.

Jokowi menegaskan pentingnya proyek pembangunan yang dimulai sejak 2018 dan menghabiskan anggaran Rp1,76 triliun tersebut.

Bendungan Lausimeme memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

“Bendungan ini akan bisa mengurangi, bisa mereduksi banjir di Kota Medan, di Kabupaten Deli Serdang, dan juga bisa menyediakan air baku untuk Medan dan Deli Serdang selain juga tentu saja untuk mengairi persawahan yang ada di sekitar waduk,” ungkap Jokowi.                

Bendungan dengan luas genangan mencapai 125 hektare tersebut memiliki kapasitas tampung 21 juta meter kubik. Presiden Jokowi pun berharap dengan beroperasinya Bendungan Lausimeme, manfaatnya akan segera dirasakan oleh masyarakat Sumatra Utara secara luas.

“Kita harapkan ini bermanfaat bagi Provinsi Sumatra Utara,” ucap Presiden.

Kehadiran Bendungan Lausimeme merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur pengairan di berbagai daerah di Indonesia.

Melalui peresmian ini, pemerintah terus menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Selama dua hari di Sumut, Jokowi dijadwalkan akan melakukan sejumlah kegiatan lain selama kunjungan kerja di provinsi ini, termasuk peresmian proyek infrastruktur Stadion Utama Sumatera Utara di Kabupaten Deli Serdang, Food Estate di Kabupaten Humbhas dan lainnya serta berdialog dengan masyarakat dan Pemerintah Daerah. (*)


(Deli Serdang)

Belum ada Komentar untuk "Resmikan Bendungan Lausimeme, Jokowi: Ini Bendungan ke-47 yang Saya Resmikan"

Posting Komentar

Pertahankan Stabilitas, BI-Rate Tetap 6%

LensaMedan - Bank Indonesia (BI)  memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,00%, suku bunga  Deposit Facility  sebesar 5,25%, dan su...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel