Sekdaprov Sumut Ajak Pemuda Terus Berpartisipasi dalam Pembangunan


LensaMedan - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut), Arief S Trinugroho, bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024 Tingkat Prvoinsi Sumut, di Lapangan Utama Tengku Amir Hamzah Stabat, Kabupaten Langkat, Senin (28/10/2024).

Pada kesempatan ini, Arief mengajak seluruh pemuda terus berpartisipasi dalam pembangunan di Sumut,  sesuai kompetensi yang dimiliki.

"Marilah kita bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui kretivitas dan inovasi, serta berpatisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki," ucap Arief.

Menurut Arief, indikator kualitas kepemudaan berdasarkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun 2024 berkisar pada 56,33%.

Dengan rincian capaian domain pendidikan sebasar 70%, domain gender dan diskriminasi 53,33%, kesehatan dan kesejahteraan 65%, lapangan dan kesempatan kerja 45%, serta domain partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43,33%.

"Seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi dan media harus bergerak secara sinergis, harus mendukung bertumbuh kembangnya pemuda yang maju, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing," katanya.

Peran pemerintah sendiri disampaikan Arief adalah dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan,  dalam bentuk rencana aksi daerah layanan kepemudaan.

Pada sebagian yang lain, pemuda Indonesia masih membutukan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam, yang harus dibimbing dalam hal kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan.

"Nilai agung yang harus terus didengungkan pada pemuda adalah menguatkan kesadaran dan karakter bangsa dalam menghadapi dalam berbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat," katanya.

Hadir dalam peringatan Sumpah Pemuda ini di antaranya Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy, Forkopimda, Ormas, serta seluruh ASN Kabupaten Langkat. (*)


(Langkat)

Belum ada Komentar untuk "Sekdaprov Sumut Ajak Pemuda Terus Berpartisipasi dalam Pembangunan"

Posting Komentar

Aulia Rachman Saksikan Tiga Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Deklarasi Pilkada Damai

LensaMedan - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan H. Aulia Rachman bersama unsur Forkopimda, KPU, dan Bawaslu menyaksikan ketiga pasangan c...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel