Sofyan Tan dan Prof Ridha Motivasi Mahasiswa untuk Berani Bermimpi  


LensaMedan – Tokoh pejuang pendidikan Sumatra Utara (Sumut), Sofyan Tan, bersama Prof dr Ridha Dharmajaya memberi motivasi kepada 3.000 mahasiswa dan orangtua siswa untuk berani bermimpi membawa perubahan mengangkat derajat keluarga.

Motivasi itu disampaikan dalam acara silaturahmi bersama  Sofyan Tan di Grand City Hall Medan, Jumat (25/10/2024).

Acara yang diikuti oleh ribuan peserta tersebut terpaksa harus dilakukan dua sesi karena ruangan acara tidak mampu menampung seluruh peserta.

Meski harus menunggu, peserta di sesi kedua tetap rela berada di depan ruangan lantai 1 hingga memenuhi ruang lobby hotel di bawah.

Sofyan Tan dalam kesempatan itu berbagi cerita terkait masa lalunya yang hidup dari keluarga miskin dan berjuang mengubah nasib keluarga melalui jalan pendidikan.

Saat itu dirinya bertekad untuk menjadi dokter agar tidak lagi miskin dan disepelekan oleh orang lain dan keluarga.

“Saya tau bapak ibu pasti pernah disepelekan tetangga dan keluarga, orang miskin nggak mungkin bisa kuliahkan anaknya. Saya tau karena itu pernah saya rasakan. Tapi sekarang bapak ibu sudah bisa bangga karena anaknya kini sudah kuliah,” kata Sofyan Tan pemilik suara terbesar nasional ke-9 dalam Pemilu DPR RI 2024 lalu.

Sofyan Tan memberikan motivasi pada seluruh mahasiswa dan orangtua yang hadir agar berani membuktikan diri mengubah nasib keluarga melalui pendidikan seperti yang pernah dilakukannya.

Agar kelak lahir pejuang-pejuang pendidikan lain yang meneruskan cita-cita Sofyan Tan membantu orang miskin.

“Saya tidak mungkin hidup selamanya. Karena itu Cuma dua yang saya minta, pertama jika sukses nanti bantulah orang miskin teruskan perjuangan saya dan kedua, bantulah orang karena penderitaannya. Bukan karena suku dan agamanya,” ujar Sofyan Tan disambut tepuk tangan ribuan peserta.

Prof dr Ridha Dharmajaya yang turut hadir memenuhi undangan silaturahmi tersebut juga memberikan motivasi kepada ribuan peserta agar rajin dan giat belajar agar pintar dan mampu mengangkat derajat keluarga.

Jangan sampai warga Kota Medan suatu saat hanya akan menjadi penonton di kotanya sendiri. Karena saat ini lapangan pekerjaan bisa dikuasai oleh tenaga kerja asing.

“Orang-orang asing saat ini sedang melihat kita, Bersiap-siap ingin menguasai semua sektor kehidupan kita. Karena itu negara butuh SDM yang pintar dan unggul agar kita tidak menjadi penonton di negeri sendiri,” ujar Ridha yang saat ini berpasangan dengan Abdul Rani sebagai calon Walikota Medan.

Ridha menyampaikan, jika  Sofyan Tan sudah berjuang di bidang pendidikan untuk memastikan keluarga miskin mendapatkan kesempatan berkuliah hingga perguruan tinggi, maka sudah menjadi tugas dirinya sebagai calon walikota untuk menyediakan lapangan pekerjaan.

Agar mahasiswa-mahasiswa yang hari ini masih kuliah, dalam kurun waktu 3 atau empat tahun mendatang saat menjadi sarjana tidak lagi menganggur.

“Melalui percepatan izin usaha saya yakin lapangan pekerjaan dapat dibuka seluas-luasnya,” ujarnya.

Rehulina Brahmana salah seorang mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa motivasi yang diberikan Sofyan Tan dan Prof Ridha memberikan suntikan semangat bagi mereka untuk lebih rajin dan giat belajar.

Suatu saat mereka akan memenuhi harapan Sofyan Tan untuk menjadi penerusnya yang dapat membantu orang miskin jika sukses kelak.

Adrian Situmeang salah seorang mahasiswa lainnya menyampaikan bahwa dirinya sudah berpikir akan mencari kerja usai tamat sekolah.

Karena tidak berani berharap dapat kuliah di perguruan tinggi dengan kondisi kehidupan orangtuanya.

“Ternyata saya bisa kuliah hari ini dan akan memberikan yang terbaik seperti yang disampaikan Pak Sofyan Tan dan Prof Ridha,” ujar warga Medan Tembung itu.  (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan dan Prof Ridha Motivasi Mahasiswa untuk Berani Bermimpi  "

Posting Komentar

Agus Fatoni Ajak Pemuda Terus Tingkatkan Kapasitas Diri

LensaMedan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Agus Fatoni, mengajak para pemuda untuk terus meningkatkan kapasitas diri mereka...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel