Sofyan Tan Jemput Aspirasi Keluarga Miskin dengan Beasiswa


LensaMedan - Masriati, warga Namorambe, salah satu orangtua siswa Sekolah Cerdas Bangsa kaget saat diajak ngobrol dr Sofyan Tan.

Dengan sedikit terbata-bata dia pun mencoba merespon pertanyaan-pertanyaan dari Anggota Komisi X DPR RI dari Faksi PDI Perjuangan itu.

Perempuan berjilbab hitam itu sempat terdiam beberapa saat ketika ditanya mau kemana anaknya jika sudah selesai sekolah.

Seakan tak punya pilihan jawaban, ibu tersebut bercerita jika mereka hidup susah, sehingga tak ada harapan untuk bisa menguliahkan anaknya.

Sambil menyeka air mata yang hampir jatuh, dengan berat hati dia sampaikan anaknya akan bekerja untuk membantu orangtua usai tamat sekolah.

“Anak saya milih kerja bantu orangtua,” ujarnya sedikit terisak menahan tangis.

Sofyan Tan merasakan betul gestur, bahasa tubuh Masriati yang sebetulnya tak tega membiarkan anaknya yang seakan tidak punya pilihan untuk lanjut kuliah.

“Ibu mau anaknya kuliah gratis? Salam tangan saya,” kata Sofyan Tan sambil menggenggam erat tangan Masriati.

Kali ini tangisnya tak lagi terbendung. Sambil menyeka air mata yang sudah jatuh di pipi, dengan penuh haru Masriati menganggukkan kepalanya sambil berucap terimakasih.

Tak pernah bermimpi, apalagi terbayang di kepalanya untuk bisa menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi.

Itulah sepenggal cerita dari kunjungan Sofyan Tan di Sekolah Yayasan Cerdas Bangsa, Namorambe, Deli Serdang, Kamis (24/10/2024).

Masih banyak kisah yang sama ditemui dalam setiap pertemuannya dengan warga.

Dalam sehari, Sofyan Tan melakukan kunjungan menyerap aspirasi di 4 sekolah yang berbeda yakni Sekolah YP Cerdas Bangsa, Sekolah Putri Deli, Sekolah YP RK Fransiskus Xaverius, Namorambe, dan Sekolah YP RK Deli Murni, Delitua, Deliserdang.

Dalam kesempatan itu, diserahkan secara simbolis beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 87 siswa SD, 147 siswa SMP, 62 siswa SMA, 76 siswa SMK YP Cerdas Bangsa.

Kemudian di Sekolah Putri Deli 179 siswa SD dan 45 siswa SMP. Selanjutnya di Sekolah YP Fransiskus Xaverius terdapat 614 siswa SD dan 47 siswa SMP.

Terakhir, Sekolah YP RK Deli Murni 225 siswa SD, 110 siswa SMP dan 114 siswa SMA.

Sofyan Tan menyampaikan, apa yang dilakukannya selama ini cukup dibalas dengan dua hal.

Pertama, sampaikan kepada siswa jika sukses kelak bantulah orang miskin untuk meneruskan kerja Sofyan Tan.

Lalu yang kedua, bantulah orang bukan karena suku, agama atau rasnya, tapi karena penderitaannya.

Ketua Yayasan Cerdas Bangsa Darmawan Tarigan menyampaikan dr Sofyan Tan satu-satunya anggota DPR RI yang selalu berkunjung ke sekolah-sekolah.

Bahkan untuk sekolahnya sudah berkunjung hamper setiap tahun untuk menyerahkan beasiswa. Itu sebagai bentuk kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat di Namorambe.

“Kalau boleh saya istilahkan, jika orang lupa kacang akan kulitnya, Pak Sofyan Tan ini justru sebaliknya, kacang yang selalu mencari kulitnya. Tidak pernah lupa sama pendukungnya,” ujar Darmawan.(*)


(Deli Serdang)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan Jemput Aspirasi Keluarga Miskin dengan Beasiswa"

Posting Komentar

Dua Pelaku Pemerasan Diamankan Polsek Medan Baru

LensaMedan - Polsek Medan Baru berhasil mengamankan dua orang laki laki pelaku pemerasan di Jalan Ayahanda, tepatnya di RS Royal Prima. Kedu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel