Wapres Ma'ruf Amin: DK PBB Harus Sikapi Serangan di Markas UNIFIL


LensaMedan- Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta  tindakan penyerangan militer Israel terhadap menara observasi di markas UNIFIL (The United Nations Interim Force in Lebanon) harus disikapi dengan tegas.

Apalagi, penyerangan yang tersebut mengakibatkan dua personel penjaga perdamaian asal Indonesia mengalami luka akibat serangan itu.

“Serangan tersebut harus disikapi oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB),” tegas Wapres saat memberikan intervensinya pada 14th ASEAN–United Nations Summit di National Convention Centre (NCC), Kaysone Phomvihane Avenue, Vientiane, Republik Demokratik Rakyat Laos, Jumat (11/10/2024).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, sikap tegas PBB merupakan hal penting untuk dilakukan.

Sebab, selain pasukan ini merupakan bagian dari pasukan sementara PBB untuk membantu memulihkan situasi konflik di wilayah perbatasan Israel dan Lebanon.

Tindakan penyerangan yang melukai dua orang penjaga perdamaian asal Indonesia ini merupakan pelanggaran berat terhadap hukum kemanusiaan internasional.

“Serangan tersebut merupakan pelanggaran berat terhadap hukum humaniter internasional,” imbuh Wapres.

“PBB adalah kompas dari multilateralisme, dan ASEAN berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi,” tambahnya.

Untuk itu, mengakhiri pernyataannya, kembali Wapres menegaskan bahwa Indonesia mengecam keras tindakan penyerangan yang dilakukan di markas UNIFIL dan meminta tindakan tegas dari DK PBB terhadap aksi ini.

“Indonesia mengecam keras serangan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) terhadap UNIFIL pada 10 Oktober 2024. Dua personel Indonesia alami luka-luka,” pungkas Wapres.

Sementara itu, dalam keterangan persnya, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, (11/10/2024), menyebut bahwa dirinya telah menghubungi pihak-pihak terkait guna berkoordinasi mengenai keselamatan kontingen Indonesia dan WNI lainnya.

“Dewan Perwakilan Tetap kita baru saja menyampaikan statement pada briefing Dewan Keamanan PBB untuk membahas situasi Timur Tengah pada 10 Oktober sore waktu New York yang berarti pagi tadi. Dirinya menyebut bahwa Perwakilan RI telah menyampaikan kecaman keras atas aksi keji Israel tersebut.

“Perwakilan Tetap kita menyampaikan statement yang intinya mengecam keras serangan Israel sebagai pelanggaran terhadap piagam PBB, multilateralisme dan hukum humaniter internasional,” tegasnya. (*)


(Laos)

Belum ada Komentar untuk "Wapres Ma'ruf Amin: DK PBB Harus Sikapi Serangan di Markas UNIFIL "

Posting Komentar

Hampir Jebol, Akhirnya Tanggul Sungai Dalu-Dalu akan Diperbaiki

LensaMedan – Setelah penantian panjang, akhirnya tanggul Sungai Dalu-Dalu yang hampir jebol akan segera diperbaiki. Hal ini ditandai dengan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel